Taufik My

Bayangkan, dengan biaya total sekitar $ 502.000.000 sampai saat ini, GeoEye-1 sekarang di orbit setelah diluncurkan pada 6 September 2008. Ingat GeoEye-1 merupakan bagian dari kontrak NextView $ 500 juta diberikan kepada ORBIMAGE (Sekarang GeoEye) September 30, 2004. Mengharapkan citra untuk melayani berbagai macam aplikasi untuk pertahanan, keamanan nasional dan tanah air, udara dan transportasi laut, minyak dan gas, pertambangan, pemetaan dan layanan berbasis lokasi, perencanaan negara bagian dan lokal pemerintah, asuransi dan manajemen risiko, pertanian, dan pemantauan lingkungan.
Memiliki resolusi spasial yang tak tertandingi 0,41-meter, GeoEye-1 ini dirancang untuk memiliki tiga meter akurasi, yang berarti bahwa pelanggan dapat memetakan fitur alami dan buatan manusia ke dalam tiga meter dari lokasi mereka yang sebenarnya di permukaan bumi tanpa tanah titik kontrol. Tingkat akurasi yang tak tertandingi. Pada resolusi 0,41 meter, GeoEye-1 akan dapat 'melihat' home plate pada berlian bisbol dan mampu secara tepat menemukan itu dalam waktu tiga meter dari lokasi sebenarnya di permukaan dunia.
Beberapa Fakta Singkat:

    
GeoEye-1, satelit yang mengorbit kutub-, dapat mengunjungi kembali titik manapun di bumi sekali setiap tiga hari atau lebih cepat
    
GeoEye-1 membuat 15 orbit per hari terbang di ketinggian 681 kilometer atau 423 mil dengan kecepatan orbit sekitar 7,5 km / detik
    
GeoEye-1 menawarkan tiga meter akurasi geolokasi
    
dapat mengumpulkan gambar dengan resolusi dasar 0,41-meter atau 16 inci dalam mode pankromatik atau hitam dan putih
    
n modus pankromatik satelit mengumpulkan sampai dengan 700.000 kilometer persegi dalam satu hari dan dalam modus multispektral 350.000 kilometer persegi per hari
    
GeoEye-1 pelanggan memiliki pilihan memesan citra dasar, orto-dikoreksi atau stereo serta citra-produk turunan
GeoEye-1 produk akan melayani berbagai macam aplikasi untuk:

    
Pertahanan
    
Nasional dan Homeland Security
    
Udara dan Laut Transportasi
    
Minyak dan Gas
    
Energi
    
Pertambangan
    
Pemetaan dan Lokasi Layanan berbasis
    
Negara dan Pemerintah Daerah
    
Asuransi dan Manajemen Risiko
    
Pertanian
    
Pemantauan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

GeoEye-1 Fakta
GeoEye-1 adalah bagian dari program NextView NGA. Program NextView dirancang untuk memastikan bahwa NGA memiliki akses ke citra komersial dalam mendukung misinya untuk menyediakan intelijen geospasial tepat waktu, relevan dan akurat dalam mendukung keamanan nasional. GeoEye memenangkan kontrak NextView $ 500-juta pada September 2004 dan mampu membangun dan meluncurkan GeoEye-1 tanpa ada overruns biaya kontrak dalam waktu kurang dari empat tahun setelah penghargaan kontrak.

 
GeoEye-1 secara bersamaan akan mengumpulkan 0,41 meter tanah resolusi hitam-putih (pankromatik) gambar dan warna 1,65 meter (multispektral) gambar. Dirancang untuk mengambil gambar digital bumi dari 423 mil (681 kilometer) dan bergerak dengan kecepatan sekitar empat-dan-a-setengah mil (tujuh kilometer) per detik, kamera satelit dapat membedakan benda-benda di permukaan bumi sekecil 0,41-meter atau 16 inci di ukuran. Karena batasan lisensi AS, pelanggan komersial akan mendapatkan akses ke citra di resolusi setengah meter tanah.

 
GeoEye-1 dibangun oleh Jenderal Lanjutan Sistem Informasi Dinamika di Gilbert, Arizona Sistem pencitraan dibangun oleh ITT di Rochester, NY. ITT juga membangun sistem pencitraan untuk GeoEye-2 dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2011. 4.310 satelit diluncurkan pon di 11:50 PDT pada roket Delta United Launch Alliance II dari Vandenberg Air Force Base di California. Peluncuran GeoEye-1 menandai sukses peluncuran ke-83 berturut-turut dari roket Delta II.
Mode Kamera

    
* Simultaneous pankromatik dan multispektral (pan-diasah)
    
* Pankromatik hanya
    
* Hanya Multispektral

 
Resolusi 0,41 m / 1,34 ft * pankromatik (nominal pada Nadir)1,65 m / 5,41 ft * multispektral (nominal pada Nadir)

Metrik Akurasi / Geolocation CE stereo: 2 m / 6.6 ftLE stereo: 3 m / 9,84 ftCE mono: 2,5 m / 8,20 ftIni adalah ditentukan sebagai CE 90% (error melingkar) untuk% LE horizontal dan 90 (kesalahan linier) untuk vertikal tanpa kontrol tanah
Lebar petak &Perwakilan Daerah Ukuran

    
* Nominal petak lebar - 15,2 km / 9,44 mi di Nadir
    
* Single-point adegan - 225 km persegi (15x15 km)
    
* Bersebelahan luas - 15.000 km persegi (300x50 km)
    
* Bersebelahan 1 ° daerah ukuran sel - 10.000 km persegi (100x100 km)
    
* Daerah stereo Bersebelahan - 6.270 km persegi (224x28 km)
(Area mengasumsikan modus panci pada tingkat baris tertinggi)
Koleksi Kapasitas:Sampai 700.000 sq km / hari (270.271 sq mi / hari) daerah pan (tentang ukuran Texas)Sampai 350.000 sq km / hari (135.135 sq mi / hari) pan-diasah daerah multispektral (tentang ukuran dari New Mexico)
Lebih spesifikasi:http://launch.geoeye.com/LaunchSite/assets/documents/geoeye1_factsheet_v9.pdf

Ingat GeoEye-1 adalah aprt dari kontrak NextView $ 500 juta diberikan pada September 30, 2004
Pemerintah AS, melalui National Geospatial-Intelligence Agency (NGA), mengumumkan pada bulan Maret 2003 bahwa hal itu dimaksudkan untuk mendukung pengembangan lanjutan dari industri citra satelit komersial dengan berbagi biaya untuk konstruksi, teknik dan peluncuran generasi berikutnya komersial citra satelit. ORBIMAGE (sekarang GeoEye, Inc) memenangkan kedua dari dua kontrak NextView $ 500 juta pada tanggal 30 September 2004. Sebuah kontrak untuk membangun satelit diberikan kepada General Dynamics pada akhir 2004.

Diperkirakan bahwa total biaya untuk membawa satelit GeoEye-1 ke layanan adalah sekitar $ 502.000.000Sementara GeoEye-1 akan dapat mengumpulkan citra pada resolusi 0,41 meter tanah, izin operasi Perusahaan dari Pemerintah AS memerlukan re-sampling citra untuk 0,5-meter untuk semua pelanggan tidak secara eksplisit diberikan pengabaian oleh Pemerintah AS.

Selain resolusi spasial yang tak tertandingi 0,41-meter atau sekitar 16 inci, GeoEye-1 ini dirancang untuk memiliki tiga meter akurasi, yang berarti bahwa pelanggan dapat memetakan fitur alami dan buatan manusia ke dalam tiga meter dari lokasi mereka yang sebenarnya pada permukaan Bumi tanpa titik kontrol tanah. Tingkat akurasi yang tak tertandingi. Pada resolusi 0,41 meter, GeoEye-1 akan dapat 'melihat' home plate pada berlian bisbol dan mampu secara tepat menemukan itu dalam waktu tiga meter dari lokasi sebenarnya di permukaan dunia.
Mengharapkan citra komersial akan tersedia dalam beberapa bulan meskipun perintah sekarang sedang diterima.
Lihat www.geoeye.com
Lihat juga GeoEye-1 satelit ke luar angkasa dari Luncurkan Vandenberg Air Force Base, California
GeoEye-1 dibangun oleh Jenderal Lanjutan Sistem Informasi Dinamika di Gilbert, Arizona Sistem pencitraan dibangun oleh ITT di Rochester, NY. ITT juga membangun sistem pencitraan untuk GeoEye-2 dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2011. 4.310 satelit diluncurkan pon di 11:50 PDT pada roket Delta United Launch Alliance II dari Vandenberg Air Force Base di California. Peluncuran GeoEye-1 menandai sukses peluncuran ke-83 berturut-turut dari roket Delta II.




 
Sebuah United Launch Alliance roket Delta II, atas nama Boeing Luncurkan Layanan, ledakan turun di 11:50.57 pm 6 September 2008 PDT dengan satelit GeoEye-1 dari Ruang Luncurkan Kompleks-2 di Vandenberg Air Force Base, California Peluncuran sukses menyimpulkan sekitar 75 menit kemudian dengan akuisisi sinyal dari satelit di orbit yang tepat. Foto oleh Carleton Bailie, Perusahaan Boeing / GeoEye

Categories:

Leave a Reply